Monday 21 September 2009

SEDIKIT TENTANG SELF IMPROVEMENT

Darimana saya mulai

Beberapa tahun terakhir ini kalimat-kalimat seperti pengembangan diri, perbaikan diri, peningkatan diri anda dan lainnya, sering terdengar baik itu dalam seminar, buku-buku dan juga tentu saja di internet.
Tulisan pada blog ini juga memakai kalimat tersebut, kenapa? karena memang pengembangan diri anda seutuhnya itu sangat penting.

Kami akan memberikan tambahan informasi yang dapat melengkapi apa yang Anda telah terima selama ini.

Pengembangan diri seutuhnya memerlukan cara pandang dari berbagai sudut ilmu pengetahuan.

Sebagai pembuka, tulisan ini akan menguraikan secara singkat tentang apa yang dikenal sebagai MIND. Peranan Mind sangat penting dalam memahami cara2 pengembangan diri kita seutuhnya.

Mind dapat dibagi atas :

1) Conscious Mind atau Pikiran Sadar
2) Subconscious mind atau Pikiran bawah sadar.
3) Superconscious mind atau Pikiran super sadar.

Otak manusia dapat memproses informasi 400.000.000 bit/s, namun yang diproses secara sadar hanya 2000 bit/s. Jadi yang kita pakai selama ini dengan conscious mind kita sangat jauh dengan apa yang tersedia pada diri kita.

Proporsi conscious mind tidak sebanding dengan subconscious mind.

Sedangkan untuk meningkatkan dan mengembangkan diri kita, peranan subconscious mind adalah yang paling utama.
Dengan mengubah isi dari subconscious mind anda, anda dapat merubah kebiasaan, kelakuan, sifat anda.
Subconscious mind dapat diubah isinya dengan berbagai cara. Afirmasi, visualisasi, meditasi dll, merupakan cara-cara yang banyak digunakan saat ini.
Proses mengubah isi subconcious mind berarti adalah proses mengubah diri kita dari dalam. Berarti yang perlu dilakukan adalah proses atau latihan dari dalam diri kita sendiri. Ini memerlukan waktu dan teknik tertentu untuk dapat merubahnya.

Harus mengetahui teknik-tekniknya, harus ada keinginan dan motivasi yang besar, harus ada ambisi dan tekun melaksanakannya.
Selain itu yang sangat penting adalah OPEN MIND dan mengetahui BELIEF SYSTEM anda selama ini.

Biasanya saat baru mulai menjalankan program atau latihan-latihan untuk mengubah isi subcinscious mind, kita akan mendapatkan resistensi baik itu dari diri kita sendiri dan terutama dari lingkungan tempat kita tinggal atau bekerja.

Karena itu kita harus benar-benar berkomitmen untuk melakukannya. Buatlah komitmen untuk mengembangkan diri kita seutuhnya. Buatlah sebuah komitmen yang berlingkup besar, jangan yang kecil. Ini akan membuat keinginan kita untuk berkembang dan berubah, menjadi sangat kuat dan akan menguatkan kita dari gangguan-gangguan dari sekitar kita.

Setelah berkomitmen, cobalah mulai lihat diri Anda sendiri.

No comments: